Tuesday, May 24, 2011

Tetap Sehat dengan Jus Buatan Sendiri

Tetap Sehat dengan Jus Buatan Sendiri
Foto: http://niatusaha.com 
detikfood.com - Kini minum jus tidak hanya sekedar menghilangkan haus semata, tapi juga bisa sebagai terapi menurunkan berat badan. Meskipun terlihat mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar jus sayur atau buah tetap bermanfaat!

Meminum jus buah adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selain meminum banyak air. Dengan meminum jus buah dan sayur, selain tubuh tetap terhidrasi dengan baik, asupan serat dan nutrisi pun tetap terjaga. Khususnya buat mereka yang kurang bisa makan buah dan sayur secara utuh.

Namun, tidak sedikit yang salah kaprah megenai diet dengan jus buah dan sayur. Jus buah ataupun sayur bisa dirasakan manfaatnya jika tidak ditambahkan dengan pemanis apapun ke dalamnya. Selain itu, Anda tetap memerlukan buah dan sayur utuh sedangkan sayur dan buah dalam bentuk jus hanya membantu melengkapi kekurangannya saja.

Minumlah Lebih Banyak Jus Sayur
Untuk tetap menjaga kalori yang masuk seimbang, minumlah jus sayur lebih banyak dibandingkan jus buah. Jus yang dibuat dari sayuran hijau mengandung lebih banyak serat. Untuk menghindari rasa dan aroma yang tidak diinginkan Anda bisa mencampurnya dengan sedikit buah seperti lemon.

Perkaya Rasa Bukan Kalori
Jika setelah ditambah lemon masih kurang suka dengan rasanya, Anda bisa menambahkan beberapa jenis bumbu tambahan yang tetap aman untuk program diet Anda, seperti jahe dan kayu manis.

Jaga Porsi
Apapun jenis jus yang Anda buat setiap hari, pastikan selalu pors jus cukup untuk sekali minum. Karena jus buah ataupun sayur akan terasa manfaatnya dalam keadaan segar saja. Jika sudah diinapkan dalam lemari pendingin nutrisinya akan hilang.

Cobalah Mencampur Beberapa Jenis Sayur
Jika Anda baru pertama kali membuat jus sayuran, cobalah dengan jenis sayuran yang rasanya sudah cukup akrab di lidah Anda. Jika sudah mulai terbiasa, cobalah untuk menggabungkan beberapa jenis sayuran, seperti seledri, parsley, zuchini, dan buncis. Atau timun, seledri dan apel. Wortel dan apel juga tak kalah enak dijus bersama.
sumber : www.detikfood.com

No comments:

Post a Comment