Tuesday, May 24, 2011

Embun Laut yang Kaya Manfaat

Embun Laut yang Kaya Manfaat
Foto: motherskitchen.blogspot.com 
detikfood.com - Rempah berdaun jarum ini biasa dijuluki sebagai 'embun laut'. Aromanya harum enak, membuat rempah ini selalu dipadukan dengan berbagai jenis masakan. Tidak hanya itu saja, rempah ini juga bisa mengatasa beberapa penyakit.

Jika sering memasak di dapur, rempah yang satu ini pastilah sudah akrab dengan Anda. Ya, rosemary namanya. Sepintas, daun rosemary mirip sekali dengan daun pohon cemara jarum. Namun bedanya, daun rosemary jika diremas akan mengeluarkan aroma harum yang khas. Biasanya, rosemary digunakan untuk campuran bumbu masakan Timur Tengah atau Mediterania.

Ternyata, rempah yang biasa dikenal dengan julukan embun laut ini juga memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan.

Meredakan Perut Kembung
Aromanya yang harum menjadikan rosemary sering diseduh sebagai minuman hangat. Fungsinya untuk meredakan perut yang kembung dengan mengurangi retensi air.

Melemaskan Otot
Di beberapa tempat spa, rosemary biasa dijadikan sebagai obat gosok alami. Karena rosenary bisa membantu melemaskan otot-otot yang tegang atau kaku setelah melakukan aktivitas berat.

Pertajam Daya Ingat
Aroma rosemary yang harum khas, dapat membantu merangsang otak untuk mengingat sesuatu. Harum aromanya menjadi neurotransmitter yang meningkatkan kemampuan memori otak.

Anti Karsinogenik
Memasukkan rosemary ke dalam masakan sehari-hari akan membantu hidup lebih sehat. Mengapa? Karena rosemary bersifat anti karsinogenik yang bisa menghindarkan dari zat-zat yang bisa memicu kanker dari makanan lainnya. Antioksidan alami yang terdapat dalam rosemary dapat menurunkan senyawa pemicu kanker hingga 92%.

Selain manfaat tercantum diatas, rosemary yang memiliki nama latin Rosmarinus officinalis juga mengandung kalsium, zat besi dan juga vitamin B6. Wah, ternyata banyak sekali manfaat dari si mungil ini ya?!
sumber : www.detikfood.com

No comments:

Post a Comment