Tuesday, May 24, 2011

Makanan Ini Tak Boleh Terlewatkan!

Makanan Ini Tak Boleh Terlewatkan!
Foto: www.fitbie.com

detikfood.com - Makan tidak melulu terkait dengan rasa kenyang, tetapi juga berkaitan dengan kebutuhan tubuh atau nutrisi. Maknaan bisa menimbulkan rasa kembung, gula darah naik, atau hipertensi. Ada makanan tertentu pula yang wajib dimakan!

Secara umum Anda sudah mengetahui jenis makanan apa yang baik dan buruk bagi kesehatan, tapi terkadang Anda tidak terlalu paham apa alasannya. Ada jenis makanan yang mebuat perut Anda kembung, membuat gula darah naik, hingga membuat Anda justru semakin lapar setelah memakannya.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari menurut fitbie agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

1. Quinoa
Quinoa adalah salah satu jenis gandum yang tengah naik daun, karena kandungan proteinnya cukup lengkap berisi sembilan asam amino esensial yang penting untuk membangun otot. Satu cangkir quinoa menganding 8 gr protein dan 5 gr serat. Quinoa cukup mengenyangkan sehingga bisa menggantikan peran nasi. Quinoa bisa disantap dengan ayam panggang ataupun salmon, jika tak bisa menemukan quinoa, Anda bisa menggantinya dengan beras merah ataupun beras hitam.

2. Bayam
Peneliti di Rutgers University menemukan bahwa bayam mengandung lutein yang dapat meningkatkan sintesa protein serta memperbaiki jaringan otot lebih cepat. Kandungan serat pada bayam juga sangat tinggi, sehingga jika Anda mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak justru membawa efek baik untuk pencernaan. Bayam adalah salah satu jenis sayur yang tak kenal musim, mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau. Bisa dimakan langsung meskipun hanya direbus saja.

3. Air
Jangan pernah menganggap remeh segelas air. Air dapat membuat tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik, membangkitkan energi dan juga digunakan untuk membasahi organ-organ di dalam tubuh. Jumlah minimal air yang sebaiknya diminum setiap hari adalah sekitar 2 liter. Tapi jika Anda mengkonsumsi lebih, justru lebih baik. Mendapatkan cukup air setiap hari juga dapat menjaga kulit Anda selalu dalam keadaan prima.

4. Telur
Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang mengandung asam amino esensial yang baik untuk pembentukan otot. Kuning telur merupakan sumber vitamon B12 yang membantu otot untuk membakar lemak.

5. Alpukat
Alpukat tidak selamanya membawa efek yang buruk. Meskipun alpukat mengandung lemak, namun lemak ini justru yang diperlukan untuk melindungi organ tubuh, menyerap vitamin, dan mengatur suhu tubuh. Lemak pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol jahat, mengurangi lemak perut, dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung dengan catatan buah alpukat dikonsumsi tanpa tambahan apapun.
sumber : www.detikfood.com

1 comment:

  1. Kalau di Indonesia, apa anda tahu dimana saya bisa membeli beras kinwa (Quinoa) ini?

    Saya masih penasaran dengan yg satu ini... ^^

    ReplyDelete