Friday, June 10, 2011

Es Teh Pengganti Soda

Es Teh Pengganti Soda
http://joyof.kosher.com 
detikfood.com - Minuman bersoda memang lebih segar diminum saat udara panas. Namun, Anda tetap harus waspada dengan efek buruknya. Ada beragam minuman yang tak kalah segar yang bisa jadi pilihan. Bahkan minuman ini bisa memberi efek baik untuk kesehatan.

Terlalu sering minum minuman bersoda atau berkarbonasi bisa bikin tubuh melar. Selain itu juga merusak gigi karena kandungan gulanya yang tinggi serta bisa mengikis tulang atau meningkatkan resiko osteoporosis. Meski kurang baik, minuman ini masih saja digemari terutama saat cuaca panas.

Untuk tetap bisa merasakan sensasi segar, ada beberapa minuman sehat lain yang bisa jadi pilihan pengganti soda, yaitu :

Teh hijau
Minum es teh hijau memberikan sensasi segar seperti minum minuman bersoda. Tidak hanya rendah kalori, tapi juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, kegemukan, hipertensi, stres dan mengandung antioksidan. Agar terasa lebih nikmat tambahkan sedikit madu.

Susu rendah lemak
Mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan mencegah osteoporosis, sehingga lebih sehat dibanding dengan minuman bersoda. Selain itu susu juga mengandung protein kualitas terbaik, riboflavin dan sejumlah mineral penting.

Es buah segar
Buah-buahan segar bisa dipotong-potong dan dicampur untuk dibuat minuman. Memiliki sensasi segar dan mengenyangkan. Buah tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral tapi juga mengandung gula alami yang bisa memberikan energi dan antioksidan untuk melawan stres.

Kopi
Kopi selalu menjadi minuman favorit setiap orang. Jika diminum secara teratur dan tidak berlebih minuman berkafein ini bisa dibilang lebih sehat dibanding soda. Tambahkan susu dan gula rendah kalori disertai es agar sensasi kesegarannya lebih terasa.

Wine
Menurut National Institute of Health , minum wine dalam batas wajar bisa mengurangi resiko terhadap penyakit jantung, alzheimer bahkan kanker.

Es teh
Minuman ini bisa dibuat dengan mudah, agar lebih sehat buatlah es teh sendiri dengan menggunakan gula rendah kalori atau pemanis alami seperti madu. Es teh juga bisa ditambahkan lemon, mint, kayu manis atau vanili.

Jus sayuran dan kaldu
Mencampurkan beberapa sayuran dengan kaldu bisa menyehatkan tubuh. Sayuran tidak hanya kaya serat tapi juga mengandung beberapa vitamin dan mineral. Sedangkan kaldu diketahui mengandung nutrisi penting lainnya.

Air mineral
Minum air mineral tidak hanya bikin tubuh tetap terhidrasi, tapi juga bisa mengeluarkan racun, mempertahankan pH darah dan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Agar terasa lebih segar minumlah air mineral plus batu es.
sumber : www.detikfood.com

No comments:

Post a Comment