Sunday, October 30, 2011

Turunkan Kadar Kolesterol dengan Makanan

Turunkan Kadar Kolesterol dengan Makanan
Foto : christmasstockimages.comdetikfood.com
detikfood.com- Kolestrol darah tinggi? Jangan minum obat penurun kolesterol karena obat ini bisa membuat energi terkuras dan kehidupan seks terganggu. Cobalah lebih cermat memilih makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Kolestrol darah yang tinggi merupakan pemicu utama penyakit jantung. Sebab, kolesterol berlebih pada aliran darah bisa membentuk plak di dinding arteri jantung. Plak ini akan membuat arteri semakin tebal, keras dan kurang fleksibel. Akibatnya aliran darah ke jantung terhambat dan memicu serangan jantung.

Makanan makanan manis dan makanan berlemak mengandung kalori tinggi yang bisa memicu naiknya kolesterol darah. . Agar kolestrol terkendali, cobalah memperbanyak makan sayur, buah, kacang dan biji-bijian.

Riset yang melibatkan 345 partisipan dengan memiliki kadar kolestrol tinggi. Mereka diberi diet vegetarian selama 6 bulan. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, kelompok dengan diet rendah lemak jenuh diberikan asupan sejumlah sayur mayur dan susu rendah lemak dalam makanan.

Kelompok kedua oleh ahli gizi diberi makanan yang bisa menurunkan kolestrol darah. Seperti protein kedelai, kacang-kacangan, gandum, polong-polongan dan buncis. Semua jenis kacang dan bii-bijian ini dimakan setiap hari secara teratur.

Hasilnya, mereka yang banyak makan jenis kacang dan biji-bijian secara rutin, kadar kolestrolnya turun tiga kali lebih banyak dibanding mereka yang melakukan diet rendah lemak jenuh saja.

Studi yang dipublikasikan di American Medical Association ini, menyebutkan mereka yang menerapkan kedua jenis diet ini memiliki hasil yang lebih baik, dibandingkan harus mengkonsumsi obat-obatan penurun kolesterol. Obat penurun kadar kolesterol darah jika diminum secara rutin bisa berdampak pada turunnya libido hingga disfungsi ereksi pada pria.
sumber : www.detikfood.com

No comments:

Post a Comment